Rahasia Membuat Gorengan Terbaik

Posting Resep disini untuk yang hobby dan tertarik dengan masakan, makanan dan kue
User avatar
efriel
Site Admin
Posts: 391
Joined: 29 Oct 2008, 13:36

Rahasia Membuat Gorengan Terbaik

Postby efriel » 24 Aug 2009, 13:05

Banyak orang menyukai penganan yang digoreng, karena rasa dan teksturnya. Namun, tidak semua orang bisa membuat gorengan dengan tekstur, rasa, dan aroma yang sesuai dengan yang diidam-idamkan. Mau tahu caranya? Ternyata, rahasianya sebagai berikut.

Minyak Goreng
Minyak dalam kemasan atau minyak curah, sama-sama bisa dipakai. Pilih minyak goreng yang bersih dan tidak berbau. Pakailah minyak yang baru, bukan jelantah. Apabila minyak mulai kotor, sementara menggoreng belum usai, saring minyak lalu tambahkan lagi sedikit minyak yang baru.

Mentega Putih
Ini adalah bahan alternatif untuk mencegah lelehan minyak pada makanan. Campurkan sedikit mentega putih pada minyak untuk menggoreng. Mentega putih akan membeku pada suhu ruang, sehingga gorengan tampak tidak berminyak.

Tepung Maizena
Tepung ini sangat baik dijadikan campuran kulit gorengan. Gorengan akan menjadi semakin renyah, bila adonannya dicampurkan dengan sedikit tepung kanji atau maizena.

Tepung Beras
Penambahan tepung beras ke dalam adonan akan membuat gorengan tidak cepat layu dan lembap. Takaran bisa 50:50 atau 70:30 antara tepung terigu dan tepung beras. Tepung beras juga memberikan efek warna putih pada gorengan. Pilihlah tepung beras yang masih segar.

Cetakan Kembang Goyang
Cetakan ini terbuat dari logam yang diberi pegangan kayu. Logam cetakan harus dimasukkan dahulu dalam minyak yang sedang dipanaskan, agar dapat menyerap panas. Sesudah itu baru dimasukkan ke dalam adonan sampai setinggi ¾ cetakan. Adonan akan melekat dengan sendirinya. Jika adonan tidak melekat, artinya cetakan belum cukup panas.

Ampia (Alat Penggiling Adonan)
Alat ini bisa menipiskan adonan dalam tiga tingkat ketebalan yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Dengan alat ini kita juga bisa membuat mi. Alat ini memang sangat memudahkan pekerjaan. Namun jika tidak ada, adonan bisa juga ditipiskan dengan cara biasa.

Wajan
Wajan cekung lebih baik untuk menggoreng dibandingkan dengan wajan datar. Karena minyak akan menggenang dan berkumpul di satu titik panas. Gunakan minyak yang banyak supaya bahan yang digoreng terendam sempurna.

Saringan Kawat
Dipakai untuk meniriskan makanan yang selesai digoreng. Letakkan dan susun gorengan secara vertikal supaya minyak mengalir ke bawah. Apabila gorengan diletakkan rata dengan saringan, biasanya minyak akan berkumpul di satu sisi.

Spatula Kayu
Alat ini sangat baik dipakai terutama bila aktivitas menggoreng menggunakan wajan yang memiliki lapisan antilekat. Spatula dari kayu tidak akan meninggalkan goresan pada wajan, yang bisa menyebabkan lapisan antilekatnya terkelupas.

Tissue Dapur (Kitchen Towels)
Bentuknya lebar dan lebih tebal dari tissue biasa. Daya serapnya juga baik sekali. Setelah gorengan diangkat dan ditiriskan minyaknya, letakkan di atas tissue dapur. Kelebihan minyak bisa diserap dengan lebih baik.

Wijen
Beberapa kudapan gorengan memakai wijen sebagai pelapis luarnya. Tip untuk merekatkan wijen adalah dengan mencelupkan makanan ke dalam air sebelum digulingkan ke atas butiran wijen. Air akan membuat wijen melekat pada makanan.

Anda ingin praktik dan mendapatkan buktinya? Lebih lanjutnya, temukan resep-resep gorengan gurih, nikmat, dan renyah dalam buku "Aneka Gorengan Populer".

Selamat mencoba!... sumber (Demedia. 2009).
Regards,
Efriel Elyasa
Lovely Seleb Administrator...

Make visit today...

http://www.stovia.com
http://www.pagehook.com
Web Pasar Saham Terkini
Your Elite Organizer

User avatar
idotkontji
Site Admin
Posts: 2430
Joined: 29 Oct 2008, 20:21

Re: Rahasia Membuat Gorengan Terbaik

Postby idotkontji » 11 Oct 2009, 16:01

Nice receipe oom...

Gorengan digoreng agak kering... himm.. enaakk... :mrgreen:

User avatar
sakura
Letnan
Posts: 429
Joined: 21 Feb 2009, 20:48

Re: Rahasia Membuat Gorengan Terbaik

Postby sakura » 27 Oct 2009, 14:01

Gak nyangka.. sekarang penghuni forum udah pada jago bikin snack...
bsok2 bisa buka cathering skalian yeah... lumayan... heuheu...
:D :D :D
So.. Friendly..

User avatar
idotkontji
Site Admin
Posts: 2430
Joined: 29 Oct 2008, 20:21

Re: Rahasia Membuat Gorengan Terbaik

Postby idotkontji » 10 Nov 2009, 10:51

sakura wrote:Gak nyangka.. sekarang penghuni forum udah pada jago bikin snack...
bsok2 bisa buka cathering skalian yeah... lumayan... heuheu...
:D :D :D

Good idea jeng... apa aja sayah mah kalo usaha, apalagi bareng2 temen2 wah... kerenn.. :D

User avatar
sakura
Letnan
Posts: 429
Joined: 21 Feb 2009, 20:48

Re: Rahasia Membuat Gorengan Terbaik

Postby sakura » 10 Nov 2009, 16:54

idotkontji wrote:
sakura wrote:Gak nyangka.. sekarang penghuni forum udah pada jago bikin snack...
bsok2 bisa buka cathering skalian yeah... lumayan... heuheu...
:D :D :D

Good idea jeng... apa aja sayah mah kalo usaha, apalagi bareng2 temen2 wah... kerenn.. :D


wah.. dasar bisnisman...
boleh2 tuh... bikin EO Om.. keren tuh... trus bikin WO... kan byk anggota forum yg pnya skill...
:)
So.. Friendly..

User avatar
idotkontji
Site Admin
Posts: 2430
Joined: 29 Oct 2008, 20:21

Re: Rahasia Membuat Gorengan Terbaik

Postby idotkontji » 12 Nov 2009, 08:38

sakura wrote:
idotkontji wrote:
sakura wrote:Gak nyangka.. sekarang penghuni forum udah pada jago bikin snack...
bsok2 bisa buka cathering skalian yeah... lumayan... heuheu...
:D :D :D

Good idea jeng... apa aja sayah mah kalo usaha, apalagi bareng2 temen2 wah... kerenn.. :D


wah.. dasar bisnisman...
boleh2 tuh... bikin EO Om.. keren tuh... trus bikin WO... kan byk anggota forum yg pnya skill...
:)

Hehehe.. kalo pengen usaha bareng gini mah kudu bener2 mateng, apalagi yang namanya
usaha bersama.... :D


Return to “Resep Masakan, Makanan dan Kue”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest