[ Kadaluarsa Royalti / license ]

User avatar
djaRwo`
Prajurit
Posts: 29
Joined: 08 Jan 2009, 18:01

[ Kadaluarsa Royalti / license ]

Postby djaRwo` » 19 Feb 2009, 17:41

All, aku mao tanya neh...
berapa sih jangka waktu suatu program untuk habis masa royaltinya.. misalnya tuh windows 98 kan udah gratis tuh.. trus XP juga kayaknya ga lama lagi,, soalnya udah ga ada jual license XP,, yang ada Windows Vista Downgrade XP..

Thanks
Best Regards


djaRwo`

User avatar
bowo
Site Admin
Posts: 97
Joined: 15 Nov 2008, 23:29

Re: [ Kadaluarsa Royalti / license ]

Postby bowo » 14 Mar 2009, 00:40

wew...
yang saya tau masalah lisensi kalo engak salah untuk perangkat lunak ada yang seumur hidup ada yang engak.
tapi kalo mao lebih jelas tanya sama om Ridwan soalnya dia suka beli software ori.

User avatar
coldfusion
Site Admin
Posts: 501
Joined: 09 Nov 2008, 08:15

Re: [ Kadaluarsa Royalti / license ]

Postby coldfusion » 26 Mar 2009, 13:58

bowo wrote:wew...
yang saya tau masalah lisensi kalo engak salah untuk perangkat lunak ada yang seumur hidup ada yang engak.
tapi kalo mao lebih jelas tanya sama om Ridwan soalnya dia suka beli software ori.


Dear mas bowo dan mas djarwo yang budiman
Untuk Licensi dari original sofware sebenarnya tidak bisa dikatakan "gratis", karena setiap license yang dikeluarkan oleh Microsoft Corp. adalah berbayar, hanya setiap produk baik aplikasi maupun sistem operasi ada jangka waktu support yang disediakan oleh Mic.Misalkan untuk contoh. Microsoft Windows XP , Support Aplikasi baik dari technical support maupun Update Patch telah berakhir per 2007 kemarin, tetapi karena banyak nya demand(permintaan) dari end user sehingga supportnya diperpanjang. Lisensi untuk XP sendiri baik OEM((license untuk PC baru) dan OLP ( PC lama yang sudah terlanjur terinstall windows), masih dapat dibantu oleh pihak dari mic. yang ada adalah istilah "down grade", yang artinya pembelian versi OS terbaru tetapi yang kita ambil adalah previous license( beli vista, downgrade to xp).. gitu low mas.. CMIWW
regards,
coldfusion

User avatar
bowo
Site Admin
Posts: 97
Joined: 15 Nov 2008, 23:29

Re: [ Kadaluarsa Royalti / license ]

Postby bowo » 26 Mar 2009, 14:58

ooo...
trus masalah hak pakai (jangka waktu) gima ni om coldfusion?

(Support Aplikasi baik dari technical support maupun Update Patch telah berakhir per 2007) itukan udah berakhir trus apa kita harus beli OS/Aplikasi yang model baru lagi ni om?
apa kita masih bisa pake tu OS/aplikasi? gimana ni om
masalahnya kan misal komputer kita taun jebot alias lawas kanengak kuat buat jalanin program yang baru gimana om?

:oops: tolong ya om kasih penjelasan maklum ni engak ngerti masalah Lisensi :oops:

User avatar
noelphsyco
Kapten
Posts: 492
Joined: 04 Dec 2008, 20:15

Re: [ Kadaluarsa Royalti / license ]

Postby noelphsyco » 26 Mar 2009, 18:59

wah klo ane sih blom sanggup bli sw resmi...
masih setia dengan bajakan aja deh....

User avatar
coldfusion
Site Admin
Posts: 501
Joined: 09 Nov 2008, 08:15

Re: [ Kadaluarsa Royalti / license ]

Postby coldfusion » 29 Mar 2009, 13:42

bowo wrote:ooo...
trus masalah hak pakai (jangka waktu) gima ni om coldfusion?

(Support Aplikasi baik dari technical support maupun Update Patch telah berakhir per 2007) itukan udah berakhir trus apa kita harus beli OS/Aplikasi yang model baru lagi ni om?
apa kita masih bisa pake tu OS/aplikasi? gimana ni om
masalahnya kan misal komputer kita taun jebot alias lawas kanengak kuat buat jalanin program yang baru gimana om?

:oops: tolong ya om kasih penjelasan maklum ni engak ngerti masalah Lisensi :oops:


Pertanyaan yang bagus mas bowo..
1.(Support Aplikasi baik dari technical support maupun Update Patch telah berakhir per 2007) itukan udah berakhir trus apa kita harus beli OS/Aplikasi yang model baru lagi ni om?
===
Jawab : Jika support sudah berakhir, mau tidak mau end user harus upgrade, ikut naik ke sistem operasi yang terbaru, terbukti sekarang lebih banyak PC menggunakan OS Win xp Ketimbang Win 98, Pun aplikasi yang telah disediakan oleh pihak Microsoft, persis nasibnya win98(jarang sekali kan sekarang ditemukan PC dengan sistem operasi tersebut),
2. apa kita masih bisa pake tu OS/aplikasi? gimana ni om
==
Jawab: Jelas masih bisa, selama mesin tersebut masih support dengan OSnya(win 98 diinstall di PC/NB keluaran baru sekarang masih bisa terinstall kan,meski mungkin ada driver2 yang musti diupdate)
3. masalahnya kan misal komputer kita taun jebot alias lawas kanengak kuat buat jalanin program yang baru gimana om?
==
Jawab: Nah , kenapa tercipta daerah yang namanya Mangdu(Mangga dua), Konsumen dipaksa mau tidak mau mengikuti arus bisnis(kalo pertanyaan ini sebenarnya cukup simple)..Toh..sekarang mau ga mau jadi nambah RAM kan, Nambah VGA kan, Secara tidak langsung kita adalah pangsa pasar ..he..he.he.. Business Oriented.. Itu nama Kerennya mas wo..
Ok.. CMIIW
regards,
coldfusion

User avatar
coldfusion
Site Admin
Posts: 501
Joined: 09 Nov 2008, 08:15

Re: [ Kadaluarsa Royalti / license ]

Postby coldfusion » 29 Mar 2009, 13:47

noelphsyco wrote:wah klo ane sih blom sanggup bli sw resmi...
masih setia dengan bajakan aja deh....


Dear mas Noel
Jika blum sanggup bli resmi, ada solusi selain bajakan, bisa pake linux koq, selain open source, lisensinya kan GPL (General Public License)
regards,
coldfusion

User avatar
bowo
Site Admin
Posts: 97
Joined: 15 Nov 2008, 23:29

Re: [ Kadaluarsa Royalti / license ]

Postby bowo » 03 Apr 2009, 14:42

wahhh... ribet ya om
berati kita harus ganti komputer terus dong....
iya kalo punya duit kalo kaga.... gimana tu om butuh inpusan ni om...
mana usaha lagi seret ni....

User avatar
djaRwo`
Prajurit
Posts: 29
Joined: 08 Jan 2009, 18:01

Re: [ Kadaluarsa Royalti / license ]

Postby djaRwo` » 18 Apr 2009, 17:44

ok thanks info nya Mas coldfusion..

sedikit mengerti mengenai License Software hihihi
Best Regards


djaRwo`

User avatar
coldfusion
Site Admin
Posts: 501
Joined: 09 Nov 2008, 08:15

Re: [ Kadaluarsa Royalti / license ]

Postby coldfusion » 19 Apr 2009, 17:16

djaRwo` wrote:ok thanks info nya Mas coldfusion..

sedikit mengerti mengenai License Software hihihi


Syukur klo gitu mas djarwo..semoga bermanfaat..Image Cheers
regards,
coldfusion


Return to “IT Related”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest