10 Anggapan Salah Tentang Penyakit Mata

Yang mau sehat lirik info di dalam
User avatar
idotkontji
Site Admin
Posts: 2430
Joined: 29 Oct 2008, 20:21

10 Anggapan Salah Tentang Penyakit Mata

Postby idotkontji » 10 Dec 2008, 02:06

1. Penyakit mata merah disebabkan oleh debu.
Tidak selalu benar. Lebih sering mata merah disebabkan oleh bibit penyakit. Kita mencurigai mata merah sebagai infeksi jika terjadi dalam musim-musim tertentu dimana banyak orang yang terkena mata merah. Bisa jadi sudah terjadi wabah mata merah di suatu kota atau wilayah.

2. Bintitan sebab sering mengintip.
Tidak benar. Bukan sebab sering mengintip orang jadi bintitan. Ini juga tergolong infeksi mata. Bedanya dengan penyakit mata merah, bibit penyakitnya bersarang bukan di bola mata atau selaput lendir kelopak mata, melainkan di kelenjar-kelenjar yang ada di kelopak mata.

3. Penyakit rabun jauh dapat diobati dengan banyak makan wortel.
Salah. Kita tahu, penyakit rabun jauh disebabkan oleh tidak tepatnya bayangan jatuh pada retina (layar bola mata). Pada kelainan mata myopia begini, bayangan yang kita lihat jatuhnya di depan retina. Keadaan ini dapat disebabkan oleh kelainan kornea (hitam mata), gangguan lensa, atau sumbu bola mata.

4. Tidak semua orang dalam hidupnya perlu berkacamata.
Juga tidak benar. Orang yang matanya sehat dan normal pun setelah berumur lewat 40 tahun, akan memerlukan kacamata baca untuk rabun dekat (presbyopia). Rabun dekat bukan penyakit, melainkan bagian dari proses menua. Suka tidak suka, setiap orang akan mengalami rabun dekat. Untuk itu perlu dibantu dengan kacamata baca (lensa positif). Semakin bertambah tua, semakin besar kacamata baca yang diperlukan, agar pada jarak baca sehat (33 cm) orang bisa jelas membaca.

5. Rabun senja dapat dikoreksi dengan memakai kacamata.
Keliru. Penyakit rabun senja, yaitu mereka yang terganggu melihat gelap (setelah matahari terbenam), tidak bisa dikoreksi dengan kacamata. Penyakit rabun senja terjadi jika sel-sel saraf pembeda terang-gelap di retina terganggu. Ini umumnya terjadi sebab kekurangan vitamin A untuk waktu lama. Anak kurang gizi, yang umumnya kurang makan sumber vitamin A yang yang banyak dalam ikan, susu, sayur-mayur, dan buah, banyak mengidap rabun senja. Maka, cara koreksinya bukan dengan kacamata, melainkan dengan memberi ekstra vitamin A dosis tinggi.

6. Mata buta sebab dibawa sejak lahir.

Tidak selalu. Hanya sedikit kelainan mata yang berakibat kebutaan yang dibawa sejak lahir. Penyakit yang diidap ibu selama hamil ada beberapa yang bisa mengganggu mata, seperti toxoplasma. Namun, kebutaan lebih banyak disebabkan oleh kekurangan vitamin A, glaucoma, dan katarak.Di Indonesia, angka kebutaan sebab kekurangan vitamin A masih banyak. Jika rabun senja sebagai gejala awal kekurangan vitamin A dibiarkan tanpa koreksi dengan memberi vitamin A dosis tinggi, kerusakan mata akan berlanjut. Tampak bercak putih pualam pada putih mata (bitot spot), yang jika masih tidak dikoreksi juga, akan merusak bola mata, menjadi bisul di putih mata, dan akhirnya bola mata akan mengempis, lalu menciut. Pada stadium lanjut ini, mata sudah tak mungkin diselamatkan lagi, dan akhirnya buta sama sekali.

7. Obat tetes mata bisa untuk mengobati semua mata merah.

Tidak benar. Ada banyak jenis obat tetes mata. Kita mengenal obat tetes mata merah yang disebabkan oleh infeksi. Jenis ini bukan yang dijual di warung-warung. Mata merah sebab infeksi tidak bisa disembuhkan dengan obat tetes warung. Bahkan, memakai obat tetes warung malah bisa membuat penyakit mata merah bertambah parah, alih-alih menyembuh.

8. Penyakit mata glaucoma disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Salah. Penyakit glaucoma disebabkan oleh meningkatnya tekanan di dalam bola mata. Penyebabnya banyak. Ada yang turunan, sehingga sistem saluran cairan mata di dalam bola mata tersumbat, atau menyempit.
Yang bukan turunan bisa disebabkan oleh gangguan lensa, katarak yang sudah matang atau pecah, pasca-bedah mata, penyakit pada bagian dalam bola mata (iris mata), yang berakibat terganggunya sistem aliran cairan mata, dan berakhir dengan meningginya tekanan bola mata.

9. Katarak hanya pada orang berusia lanjut.
Tidak selalu benar. Memang lebih banyak katarak terjadi pada usia lanjut, sebagai bagian dari proses menua. Namun, usia bayi pun bisa katarak juga. Katarak sejak lahir dibawa bayi sejak dalam kandungan mula. Jenis katarak bayi berbeda dengan katarak dewasa dan usia lanjut.

10. Mata bayi baru lahir tak mungkin tertular penyakit kelamin ibunya.

Salah. Justru perlu diwaspadai jika ibu melahirkan bayi sebelum keputihannya disembuhkan. Sebab, bisa jadi keputihannya disebabkan oleh penyakit kelamin kencing nanah (gonorrhoea). Mata bayi bisa tertular kencing nanah pada saat persalinan berlangsung. Seminggu setelah lahir, mata bayi membengkak, lengket penuh nanah, dan meradang, tanda tertular kencing nanah dari kemaluan ibunya.

dari berbagai sumber

User avatar
donz1282
Sersan
Posts: 170
Joined: 18 Nov 2008, 12:01

Re: 10 Anggapan Salah Tentang Penyakit Mata

Postby donz1282 » 11 Dec 2008, 00:21

Bro, waktu kecil gw sering bgt sakit mata (bintitan)
klo lg kambuh gw maluuu bgt, suka dikatain abis ngintip orang mandi
Katanya sih gw alergi telor, makanya dulu gw jarang makan telor.

Tp setelah SMP, gw jarang bgt tuh kena bintitan lg bahkan skrg ud ga pernah lg.
Gw ga tau apa yg menyebabkan gw bs sembuh dari tuh penyakit.

Mudaha2an ga kena lagi. Amiiin

User avatar
stankonia
Letnan
Posts: 445
Joined: 01 Nov 2008, 17:28

Re: 10 Anggapan Salah Tentang Penyakit Mata

Postby stankonia » 11 Dec 2008, 19:17

idotkontji wrote:...
2. Bintitan sebab sering mengintip.
Tidak benar...

klo yg ini gw udh tau. tp ntah knp, klo ada tmn yg matanya bintitan (ga enak y istilahnya), gw suka aja gt ngeledekin dia, srg ngintip, heuheuhuhe...

(yg pasti tmn yg udh akrab betul lah, yg klo ketemu hrs ada yg dicela, klo ga slg mencela, hambar rasanya, heuehuhe...)
idotkontji wrote:...

10. Mata bayi baru lahir tak mungkin tertular penyakit kelamin ibunya.

Salah....

nah yg ini gw br tau. kok bs ada hubungan penyakit kelamin ibu ke mata bayi y???
thx 4 da info!!
peace and out,

stankonia

User avatar
mc Mile c
Prajurit
Posts: 44
Joined: 03 Nov 2008, 10:38

Re: 10 Anggapan Salah Tentang Penyakit Mata

Postby mc Mile c » 15 Dec 2008, 19:47

Mata bayi baru lahir tak mungkin tertular penyakit kelamin ibunya.

lagian tuh Bayi.... NgapaiN pula ngintipin punya Ibu'nya sendiri ?? jadi aj kena penyakit mata... :lol: :lol: :lol: :lol:
..Gak nyambung bgt ya...& OOT.... Hahahahahaha :lol: :lol: :lol: :lol:
... " mc Mile " ...

User avatar
idotkontji
Site Admin
Posts: 2430
Joined: 29 Oct 2008, 20:21

Re: 10 Anggapan Salah Tentang Penyakit Mata

Postby idotkontji » 16 Dec 2008, 09:44

stankonia wrote:nah yg ini gw br tau. kok bs ada hubungan penyakit kelamin ibu ke mata bayi y???
thx 4 da info!!


Mata bayi bisa tertular kencing nanah pada saat persalinan berlangsung. Seminggu setelah lahir, mata bayi membengkak, lengket penuh nanah, dan meradang, tanda tertular kencing nanah dari kemaluan ibunya.

Selain kencing nanah, ibu juga bisa keputihan oleh bibit penyakit lain. Itu sebab setiap bayi baru lahir secara rutin diberi tetes mata antibiotika, untuk jaga-jaga kalau-kalau matanya tercemar bibit penyakit dari jalan lahir ibu.

User avatar
bowo
Site Admin
Posts: 97
Joined: 15 Nov 2008, 23:29

Re: 10 Anggapan Salah Tentang Penyakit Mata

Postby bowo » 16 Dec 2008, 23:48

Yang saya tau kalo sakit mata secara tradisional pake daun sirih
kalo buat ngebersihin mata pake bunga cocor bebek di bejek2 kemudian diambil sarinya diteteskan di mata dijamin besok pagi mata akan putih bersih



he... ngirit daripada beli obat tetes mata

User avatar
idotkontji
Site Admin
Posts: 2430
Joined: 29 Oct 2008, 20:21

Re: 10 Anggapan Salah Tentang Penyakit Mata

Postby idotkontji » 17 Dec 2008, 17:38

bowo wrote:Yang saya tau kalo sakit mata secara tradisional pake daun sirih
kalo buat ngebersihin mata pake bunga cocor bebek di bejek2 kemudian diambil sarinya diteteskan di mata dijamin besok pagi mata akan putih bersih

he... ngirit daripada beli obat tetes mata


Makasih mas Bow... mudah2an bisa bermanfaat...


Return to “Tips dan Info Kesehatan”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest