Ada Apa Dengan Musik Melayu?

User avatar
idotkontji
Site Admin
Posts: 2430
Joined: 29 Oct 2008, 20:21

Ada Apa Dengan Musik Melayu?

Postby idotkontji » 13 May 2009, 03:40

Saya pengen tahu opini member2 forum cibinong network di sini mengenai
perkembangan dunia musik indonesia yang beberapa musisi senior tanah
air bilang musik di indonesia sekarang sudah gak ada ciri khas, terkesan
mendayu2 dan melayu abis.

Saya pernah mendengar pernyataan salah satu pentolan GIGI di TV yang menyatakan
bahwa dia akan merasa kasihan terhadap anak2nya kelak karena suatu saat nanti mereka
akan memiliki referensi musik dari dalam negeri yang mungkin terkesan nggak variatif. Seperti
fenomena yang terjadi sekarang. Begitu kurang lebih...

Ya, kita tahu kondisi kancah musik indonesia sekarang sedang booming band2 dengan
nuansa melayu, mendayu2 atau apalah mereka menyebutnya... Kangen band, Hijau daun,
ST 12 dan rekan2 band lainnya memang sedang menanjak2nya...

Boleh ya minta opini kalian mengenai hal ini. Silahkan beropini...

Image

User avatar
efriel
Site Admin
Posts: 391
Joined: 29 Oct 2008, 13:36

Re: Ada Apa Dengan Musik Melayu?

Postby efriel » 14 May 2009, 09:44

idotkontji wrote:Saya pernah mendengar pernyataan salah satu pentolan GIGI di TV yang menyatakan
bahwa dia akan merasa kasihan terhadap anak2nya kelak karena suatu saat nanti mereka
akan memiliki referensi musik dari dalam negeri yang mungkin terkesan nggak variatif. Seperti
fenomena yang terjadi sekarang. Begitu kurang lebih...


Mungkin sewaktu Gigi baru keluar, pemusik seperti Ebit G Ade akan berkata sama seperti itu

Image

Kalo masalah melayu atau tidaknya,
kita harus liat seperti peristiwa bertahun-tahun lalu, ketika lagu lagu seperti
Gelas Gelas Kaca - Nia Daniati .. sempat dilarang pemerintah karena menimbulkan kesedihan
atau liriknya yang penuh dengan kesedihan...

tapi begitu Amy Search dari malaysia - Isabella dikumandangkan di indonesia, pemerintah membiarkannya

-- Gelas Gelas Kaca --


Gelas-gelas kaca Tunjukkan padaku Siapa diriku iini
Ayah aku tak punya Ibu pun aku tiada Siapa pun aku tak punya
Hanya air mata Yang selalu bercerita kepadaku

Gelas-gelas kaca Bunyikan suara Di manakah aku kini
Sepi yang mencekam Menusuk hatiku Kemana aku melangkah
Aku ingin pulang Ke pangkuan ibunda sayang

Mataku terpejam Hatipun menangis Menantikan dirimu
Malam yang berlalu Tak pernah tersenyum Menghantarkan tidurku

Gelas-gelas kaca Berikan aku cerita Gelas-gelas kaca Di manakah ayah bunda



-- Isabella --

Isabella adalah
Kisah cinta dua dunia
Mengapa kita berjumpa
Namun akhirnya terpisah
Siang jadi hilang
Ditelan kegelapan malam
Alam yang terpisah
Melenyapkan sebuah kisah

Terbayang lambaian mu
Salju terbakar kehangatan
Dunia dipenuhi
Warna berseri bunga cinta
Kita yang terlena
Hingga musim berubah
Mentari menyepi
Bernyalalah api cinta

* :
Dia... Isabella
Lambang cinta yang lara
Terpisah kerana
Adat yang berbeza
Cinta gugur bersama
Daun daun kekeringan

** :
Haluan hidup ku
Terpisah dengan Isabella
Tapi aku terpaksa
Demi cinta ku Isabella
Moga dibukakan
Pintu hati mu untuk ku
Akan terbentang jalan
Andainya kau setia
Oh! Isabellaa....

---

jadi mungkin kesimpulannya ya..
biarkan warna musik indonesia bertransformasi secara alami..
Regards,
Efriel Elyasa
Lovely Seleb Administrator...

Make visit today...

http://www.stovia.com
http://www.pagehook.com
Web Pasar Saham Terkini
Your Elite Organizer

User avatar
stankonia
Letnan
Posts: 445
Joined: 01 Nov 2008, 17:28

Re: Ada Apa Dengan Musik Melayu?

Postby stankonia » 14 May 2009, 12:47

idotkontji wrote:...beberapa musisi senior tanah
air bilang musik di indonesia sekarang sudah gak ada ciri khas, terkesan
mendayu2 dan melayu abis.

lah, itulah ciri khasnya, mendayu2 dan melayu abis...
efriel wrote:
idotkontji wrote:Saya pernah mendengar pernyataan salah satu pentolan GIGI di TV yang menyatakan
bahwa dia akan merasa kasihan terhadap anak2nya kelak karena suatu saat nanti mereka
akan memiliki referensi musik dari dalam negeri yang mungkin terkesan nggak variatif. Seperti
fenomena yang terjadi sekarang. Begitu kurang lebih...

Mungkin sewaktu Gigi baru keluar, pemusik seperti Ebit G Ade akan berkata sama seperti itu

satuju dgn bung efriel!
sejarah sudah membuktikan bahwa bangsa ini punya budaya tidak tertulis, latah. liat aja tahun 80-an mayoritas musiknya sendu2. ga cuma musik sih, kyknya hampir di semua bidang, ketika ada satu sukses dgn hal baru, yang lain akan muncul, ngikutiiiin...

dan perlu diingat klo musik itu adl salah satu bentuk pernyataan ekspresi. org bebas main musik apa aja, dan org bebas suka musik apa aja. klo mungkin skrg yg lg booming musik melayu, mgkn org lg bosen dgn musik2 kyk peterpan, gigi, slank atau apalah itu namanya.

mungkin musik mainstream lebih seragam, tp coba liat musik2 indie, beragam banget bro. dari reggae, rap/hip-hop, dangdut jg ada, jazz (ntah knp skrg org jkt akrab skali dgn jazz), metal, undercore (underground-hardcore, maksa :P)

intinya gw pikir, pendapat salah satu pentolan GIGI itu berlebihan buat gw.
lagian kok namanya pentolan seh, kyk korek api, hehehe...
peace and out,

stankonia

User avatar
sakura
Letnan
Posts: 429
Joined: 21 Feb 2009, 20:48

Re: Ada Apa Dengan Musik Melayu?

Postby sakura » 14 May 2009, 19:59

KLo bahas soal musik mah, tergantung selera dan kebutuhan...
Saya sndiri mengakui, bahwa org qt itu lbh senang "ikut2an" ketimbang "menciptakan" sesuatu yg baru...

klo knp musik2 sekarang lebih cenderung keMelayu2an, mungkin latar blkang pemusik itu jg berasal dari daerah yg dkt dgn kebudayaan melayu, atau mungkin karakter vokalis cocoknya klo nyanyi lagu melayu...
Dan biasanya, ketika sebuah musik itu laku dipasaran, para produser cenderung menuntut pemusik untuk melakukan/mengikuti jejak pemusik/musisi lain..

melayu itu emg gak bisa dipisahkan dari budaya indonesia, tp.. qt liat perkembangannya, klo menurut saya, seni di Indonesia itu emg "musiman".. klo skrg musisi2 pop lg berkiblat ke melayu, biasanya krn faktor permintaan jg, dan animo masyarakat yg dgn mudah menerima jenis musik tsb.

Mudah2an aja, ke depannya, para seniman Indonesia memiliki karya seni yg berkualitas...
So.. Friendly..

User avatar
idotkontji
Site Admin
Posts: 2430
Joined: 29 Oct 2008, 20:21

Re: Ada Apa Dengan Musik Melayu?

Postby idotkontji » 15 May 2009, 01:27

Masyarakat musik lebih terkesan biasa saja dan terkesan menerima kalo yang
diikuti adalah 'genre'-nya musik2 dari barat yang katanya '2 steps ahead' dari
pasar musik dunia...

Kalo ditelaah mah padahal pemusik indonesia aja sudah mendarah daging ikut2an
musik luar negeri... Nah kalo musik melayu yang katanya dari Malaysia ini lagi booming
kenapa mereka serasa paling bener? Silahkan cari musisi indonesia yang mengusung
musik bener2 fresh... Nggak ada... semuanya pasti dapet influence dari luar...

User avatar
ensu
Kopral
Posts: 97
Joined: 01 Apr 2009, 10:55

Re: Ada Apa Dengan Musik Melayu?

Postby ensu » 16 May 2009, 21:41

sebenernya bhasa musik itu bhasa yg universal
gak pernah ada pengkotak2an dalam musik :mrgreen:
selama bisa diterima kuping orang yg mendengarkan


tp kalo musik melayu diributkan akhir2 ini
mngkin krena mendayu-dayu ityu :lol: :lol: :lol:

User avatar
idotkontji
Site Admin
Posts: 2430
Joined: 29 Oct 2008, 20:21

Re: Ada Apa Dengan Musik Melayu?

Postby idotkontji » 16 May 2009, 23:22

ensu wrote:sebenernya bhasa musik itu bhasa yg universal
gak pernah ada pengkotak2an dalam musik :mrgreen:
selama bisa diterima kuping orang yg mendengarkan


tp kalo musik melayu diributkan akhir2 ini
mngkin krena mendayu-dayu ityu :lol: :lol: :lol:

Iya oom betul sekali, udah nggak ada lagi jamannya mengkotak2an genre musik.
Toh, kalo pun nggak suka, jangan menjatuhkan musisi2 yang mengusung genre
musik Melayu ini...

Kalo keadaan pangsa pasar musik melayu ini lagi booming, harus adakah yang
disalahkan? Mereka si pengusung musik melayu atau para penikmat musik tanah
air yang animonya terhadap musik melayu ini sedang 'terhipnotis'?

Nggak 2-2-nya kali ya...


Return to “Bincang Bebas Tentang Musik”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest