Game Online Membantu Proses Interaksi Sosial

Buat para maniak Game OnLine seperti Ragnarok, Risk Your Life, GunBound, Rising Force, Seal, Ayo Dance, Dynasty Warriors, Samurai Warriors, Final Fantasy World, Genso Suikoden Saga dan lain sebagainya, silahkan kumpul.
User avatar
idotkontji
Site Admin
Posts: 2430
Joined: 29 Oct 2008, 20:21

Game Online Membantu Proses Interaksi Sosial

Postby idotkontji » 11 Nov 2008, 02:42

Sebuah penelitian mengenai dampak dari game online terhadap kehidupan sosial pemainnya mengemukakan bahwa beberapa game online ternyata dapat mendorong terjadinya interaksi sosial dan cara baru memandang dunia.

Penelitian tersebut dijalankan oleh Constance Steinkuehler dan Dmitri Williams. Steinkuehler adalah professor pendidikan dari University of Wisconsin di Madison dan Williams adalah professor komunikasi verbal dari University of Illinois di Urbana-Champaign. Menurut mereka, game online telah menjadi sebuah media sosial yang dinamakan “Third Places”. Istilah "Third Places" sendiri dikemukakan pertama kali oleh Sosiologis bernama Ray Oldenburg pada tahun 1999 untuk menjelaskan tempat fisik di luar rumah dan tempat kerja yang digunakan orang untuk interaksi sosial secara informal. Rangkuman dari penelitian tersebut diterbitkan pada bulan Agustus ini di Journal of Computer-Mediated Communication dengan judul "Where Everybody Knows Your (Screen) Name: Online Games as 'Third Places.' "

Menurut mereka, selain sebagai tempat untuk interaksi sosial antara orang dengan kegemaran yang sama, game online juga dapat menjadi jembatan komunikasi untuk berbagi pandangan mengenai dunia dari orang yang berbeda pandangan dengan Anda.

Menanggapi isu buruk mengenai dampak negatif dari game online terhadap kepribadian pemainnya, Williams berpendapat bahwa anggapan game online akan membuat pemainnya anti-sosial justru melanggar tujuan sebenarnya dari game online itu sendiri. Game online muncul karena semakin sedikitnya interaksi sosial terhadap orang yang sama sekali belum Anda kenal dan mereka bekerja hampir sama seperti chatting.

Walau demikian, Williams juga menegaskan bahwa game online hanya bekerja sebagai jembatan saja. Sedangkan untuk membentuk ikatan sosial yang kuat, Anda harus bertemu secara fisik. Williams juga mengatakan kelakuan negatif yang muncul pada pemainnya adalah akibat dari hidupnya yang tidak seimbang. Ia juga menambahkan bahwa Anda harusnya tidak hanya melihat dari sisi media game yang merusak moral sosial, tetapi dari sisi semakin menurunnya tingkat moral sosial manusia yang tercermin dalam cara dia memainkan sebuah game. (Source: Chip OnLine)

Return to “Game OnLine”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests