TIPE-TIPE PERKAWINAN

Belajar dari pengalaman orang lain dalam menyelesaikan masalah keluarga Anda.
User avatar
sakura
Letnan
Posts: 429
Joined: 21 Feb 2009, 20:48

TIPE-TIPE PERKAWINAN

Postby sakura » 06 Mar 2009, 20:54

1. Conflict-habituated
Tipe conflict-habituated boleh dibilang sebagai “partner in crime”. Tipe ini adalah tipe pasangan yang jatuh dalam kebiasaan mengomel dan bertengkar tiada henti. Kebiasaan ini menjadi semacam “jalan hidup” bagi mereka. Tak heran kalau secara konstan mereka selalu menemukan ketidaksepakatan. Dengan kata lain, stimulasi perbedaan individu dan konflik justru mendukung kebersamaan pasangan tersebut.

2. Devitalized
Tipe hubungan devitalized merupakan karakteristik pasangan yang sekali waktu dapat mengembangkan rasa cinta, menikmati seks, dan satu sama lain saling menghargai. Namun mereka cenderung merasakan kehampaan hidup perkawinan kendati tetap berada bersama-sama. Karena kebersamaan mereka lebih karena dorongan demi anak atau citra mereka dalam komunitas masyarakat. Menariknya, pasangan tipe ini tak merasa dirinya maupun perkawinannya tidak bahagia. Mereka berpikir bahwa kondisi saat ini merupakan hal biasa setelah berlalunya tahun-tahun penuh gairah. Ironisnya, tipe perkawinan inilah yang paling banyak ditemukan dalam masyarakat mana pun.

3. Passive-congenial
Pada dasarnya, pasangan tipe passive-congenial memiliki kesamaan dengan pasangan tipe devitalized. Hanya saja kehampaan yang dirasakan telah berlangsung sejak awal perkawinan. Boleh jadi karena perkawinan seperti ini biasanya berangkat dari berbagai pertimbangan ekonomis atau status sosial dan bukannya relasi emosional. Seperti halnya pasangan tipe devitalized yang minim keterlibatan emosi, pasangan passive-congenial juga tidak terlalu berkonflik, namun kurang puas menjalani perkawinannya. Dalam keseharian, pasangan-pasangan tipe ini lebih sering saling menghindar dan bukannya saling peduli.

4. Utilitarian
Berbeda dengan tipe-tipe lain, tipe utilitarian lebih menekankan peran ketimbang hubungan. Misalkan peran sebagai ibu, ayah atau peran-peran lain. Terdapat perbedaan sangat kontras bila dibandingkan dengan tipe vital dan total yang bersifat intrinsik, yaitu mengutamakan relasi perkawinan itu sendiri.

5. Vital
Cirinya, pasangan suami-istri terikat satu sama lain, terutama oleh relasi pribadi antara yang satu dengan yang lain. Di dalam relasi tersebut, satu sama lain saling peduli untuk memuaskan kebutuhan psikologis pihak lain. Mereka berdua pun saling berbagi dalam melakukan berbagai aktivitas kendati masing-masing individu memiliki identitas kepribadian yang kuat.
Yang mengesankan, komunikasi mereka mengandung kejujuran dan keterbukaan. Kalaupun mengalami konflik biasanya lantaran ada hal-hal yang sangat penting. Untungnya, baik suami maupun istri saling berupaya menyelesaikannya dengan cepat dan bijak. Tentu saja tipe ini merupakan tipe relasi perkawinan yang paling memuaskan. Tak heran kalau tipe ini paling sedikit persentasenya dalam masyarakat.

6. Total
Tipe ini memiliki banyak kesamaan dengan tipe vital, bedanya pasangan ini sedemikian saling menyatu hingga menjadi “sedaging”. Mereka selalu dalam kebersamaan secara total yang meminimalkan adanya pengalaman pribadi dan konflik. Akan tetapi tidak seperti pasangan tipe devitalized, kesepakatan di antara mereka biasanya dibangun demi hubungan itu sendiri. Sayangnya, tipe perkawinan seperti ini sangat jarang.

Well.. artikel ini saya baca di sebuah tabloid, siapa tau aja ada manfaatnya, terutama untuk bekal qt dalam membina hubungan rumah tangga kelak, dan dari artikel ini mungkin qt bisa mencari setiap solusi dari ke-6 tipe perkawinan tadi, sehingga ketika qt mengalami ataupun ada orang yang qt kenal mengalaminya, qt bisa memberikan masukan positif.

Setidaknya dengan mengenali karakter calon istri/suami, mungkin qt bisa menebak nantinya tipe perkawinan seperti apa yang akan qt hadapi.. klo pun semua itu tidak menjamin, tapi saya pribadi, dengan membaca artikel ini, setidaknya saya akan lebih selektif dalam mempertimbangkan calon pendamping hidup. Agar nantinya, saya bisa memiliki kehidupan perkawinan ideal.. ya.. Paling tidak, tipe perkawinan “vital”.


Sumber: Tabloid Nakita, No. 484.
So.. Friendly..

User avatar
noelphsyco
Kapten
Posts: 492
Joined: 04 Dec 2008, 20:15

Re: TIPE-TIPE PERKAWINAN

Postby noelphsyco » 07 Mar 2009, 13:58

wah mudah2han saya tidak termasuk semuanya...
tapi termasuk type yang SAKINAH MAWADAH WAROHMAH...

aminnnnnnnnnnnnnnnn................

User avatar
idotkontji
Site Admin
Posts: 2430
Joined: 29 Oct 2008, 20:21

Re: TIPE-TIPE PERKAWINAN

Postby idotkontji » 07 Mar 2009, 16:33

#1. Himm.. sedikit aneh memang ya kalo ngedenger pasangan ini...

#2. Tidak merasa bahagia padahal orang lain yang melihatnya seperti mereka
adalah pasangan yang perfect... Mungkin mereka sama2 punya WIL n' PIL kali... :D

#3. Bersembunyi di balik pernikahan.. Mungkin karena ngeliat umur udah tuir tapi calon nggak dapet2
atau mungkin terlalu sibuk kerja dan orangnya perfectionist terhadap kerjaan. Jadi nikah hanya dipandang
sebagai pelengkap dan mungkin pemanis saja...

#4. Menjalankan status sebagai istri dan suami seperti menjalankan peran antara seseorang yang berdedikasi
sama perusahaan...

#5. Perfecto...

#6. Nomero uno...

User avatar
sakura
Letnan
Posts: 429
Joined: 21 Feb 2009, 20:48

Re: TIPE-TIPE PERKAWINAN

Postby sakura » 14 Mar 2009, 20:41

noelphsyco wrote:wah mudah2han saya tidak termasuk semuanya...
tapi termasuk type yang SAKINAH MAWADAH WAROHMAH...

aminnnnnnnnnnnnnnnn................



Pliiss ya Mas Noel... itu kan analisa yang dilakukan berdasarkan psikologis... klo sesuai dengan syariat agama mah ya semua orang pengennya yang sakinah mawadah warohmah atuh....
:roll: :roll: :roll:
So.. Friendly..

User avatar
coldfusion
Site Admin
Posts: 501
Joined: 09 Nov 2008, 08:15

Re: TIPE-TIPE PERKAWINAN

Postby coldfusion » 23 Mar 2009, 09:58

idotkontji wrote:#1. Himm.. sedikit aneh memang ya kalo ngedenger pasangan ini...

#2. Tidak merasa bahagia padahal orang lain yang melihatnya seperti mereka
adalah pasangan yang perfect... Mungkin mereka sama2 punya WIL n' PIL kali... :D

#3. Bersembunyi di balik pernikahan.. Mungkin karena ngeliat umur udah tuir tapi calon nggak dapet2
atau mungkin terlalu sibuk kerja dan orangnya perfectionist terhadap kerjaan. Jadi nikah hanya dipandang
sebagai pelengkap dan mungkin pemanis saja...

#4. Menjalankan status sebagai istri dan suami seperti menjalankan peran antara seseorang yang berdedikasi
sama perusahaan...

#5. Perfecto...

#6. Nomero uno...


Saya memilih no.3 saja..
regards,
coldfusion

User avatar
lieksun
Sersan
Posts: 115
Joined: 18 Dec 2008, 10:56

Re: TIPE-TIPE PERKAWINAN

Postby lieksun » 23 Mar 2009, 10:05

No. 6 .... Good
Best Regards
Lieksun

User avatar
andi043
Sersan
Posts: 204
Joined: 14 Dec 2008, 10:29

Re: TIPE-TIPE PERKAWINAN

Postby andi043 » 23 Mar 2009, 10:18

saya pilih 31 ... eh salah yah itu mah partai yah hehehe ..

saat ini berusaha yang no.6 aja deh ...
BLACK SILVER

4 ND 1 -043-

User avatar
sakura
Letnan
Posts: 429
Joined: 21 Feb 2009, 20:48

Re: TIPE-TIPE PERKAWINAN

Postby sakura » 24 Mar 2009, 20:20

coldfusion wrote:
idotkontji wrote:#1. Himm.. sedikit aneh memang ya kalo ngedenger pasangan ini...

#2. Tidak merasa bahagia padahal orang lain yang melihatnya seperti mereka
adalah pasangan yang perfect... Mungkin mereka sama2 punya WIL n' PIL kali... :D

#3. Bersembunyi di balik pernikahan.. Mungkin karena ngeliat umur udah tuir tapi calon nggak dapet2
atau mungkin terlalu sibuk kerja dan orangnya perfectionist terhadap kerjaan. Jadi nikah hanya dipandang
sebagai pelengkap dan mungkin pemanis saja...

#4. Menjalankan status sebagai istri dan suami seperti menjalankan peran antara seseorang yang berdedikasi
sama perusahaan...

#5. Perfecto...

#6. Nomero uno...


Saya memilih no.3 saja..


Wew... personal bgt tuch...
:) :) :)
So.. Friendly..

User avatar
coldfusion
Site Admin
Posts: 501
Joined: 09 Nov 2008, 08:15

Re: TIPE-TIPE PERKAWINAN

Postby coldfusion » 06 Apr 2009, 12:41

sakura wrote:
coldfusion wrote:
idotkontji wrote:#1. Himm.. sedikit aneh memang ya kalo ngedenger pasangan ini...

#2. Tidak merasa bahagia padahal orang lain yang melihatnya seperti mereka
adalah pasangan yang perfect... Mungkin mereka sama2 punya WIL n' PIL kali... :D

#3. Bersembunyi di balik pernikahan.. Mungkin karena ngeliat umur udah tuir tapi calon nggak dapet2
atau mungkin terlalu sibuk kerja dan orangnya perfectionist terhadap kerjaan. Jadi nikah hanya dipandang
sebagai pelengkap dan mungkin pemanis saja...

#4. Menjalankan status sebagai istri dan suami seperti menjalankan peran antara seseorang yang berdedikasi
sama perusahaan...

#5. Perfecto...

#6. Nomero uno...


Saya memilih no.3 saja..


Wew... personal bgt tuch...
:) :) :)


Loh aku pilih no.3 juga untuk kamu2 juga kan, masa ga ngerasa ..wkwkwkwkw
regards,
coldfusion


Return to “AADK (Ada Apa Dengan Keluarga)”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest